Panduan Lengkap Root, Unroot, dan instal TWRP Recovery Xiaomi Mi4i MIUI Global 7.2.3.0

Xiaomi Mi 4i ini merupakan Smartphone Android Flagship terbaru Xiaomi yang dilengkapi dengan chipset Octa Core 64 Bit, kamera depannya 5 MP dan kamera belakang 13 MP. Smartphone Flagship ini sudah mengonsumsi OS Android Lollipop dan mengunakan desain unibody yang hanya mengantongi ketebalan 7,8 mm dan berat sebesar 130 gram ukuran layarnya sendiri memiliki ukuran 5 inches.

Xiaomi Mi 4i yang beredar di indonesia adalah versi warna putih dengan daya tampung internal hingga 16 GB yang dijual dengan harga 2,8 juta. yang membuat kita tergiur adalah pada saat penjualan Flash Sale kemarin, sebanyak 10.000 unit Xiaomi Mi 4i ludes habis terjual hanya mancakup waktu 11 menit saja, hal ini menandakan gairah masyarakat Indonesia terhadap HP Xiaomi ini.
Review Xiaomi Mi4i


Bagi anda yang sudah memiliki Xiaomi Mi4i dan ingin untuk melakukan Rooting pada smartphone tersebut, anda bisa mewujudkannya dengan gampang. Dengan mengikuti instruksi-instruksi yang akan jelaskan dibawah ini maka anda sudah menyatakan siap melakukan Root Xiaomi Mi4i dan menerima dan menanggung setiap resiko yang mungkin akan terjadi bila ingin root.

Kami tidak menerima konsekuen jika terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan pada Xiaomi Mi4i seperti bootloop atau error sistem. Nah jika ingin melanjutkan,sebelum lebih baik anda membackup semua data yang ada di perangkat anda.

Nah sebelum kita lanjutkan ke inti dari artikel ini, bagi anda yang masih awam dengan root, alangkah bagus nya anda membaca pengertian yang akan saya jelaskan dibawah ini, sebab dengan mengatahui sedikit mengenai root, maka anda sudah bisa melakukan semua aktifitas yang bisa dilakukan bagi smartphone yang memiliki akses root, jadi simak ulasan dibawah ini.

Apa Itu Root dan TWRP Recovery

Pengertian Root

Root Xiaomi Mi4i 0

Bicara tentang Android, tidak sempurna rasanya jika tidak membahas soal Root Android. Root merupakan suatu proses untuk memiliki akses penuh (mutlak) pada sistem dan tanpa pada suatu sistem Android. Sehingga anda memiliki hak akses penuh pada Android anda dan dapat melakukan apa saja pada Android tanpa ada batasan selama anda bisa melakukannya.

Pengertian TWRP Recovery

TWRP merupakan salah satu dari dua pemulihan custom recovery paling populer untuk Android yaitu TWRP recovery dan CWM recovery. Recovery ini diinstal ketika sobat ingin root ponsel atau tablet dan memungkinkan sobat dapat melakukan sejumlah modifikasi, menambah tweak pada sistem dan dapat melakukan flash ROM. 
TWRP Xiaomi Mi4i


Daripada kelamaan, sebaiknya kami segera membahas tutorial root dan TWRP Recovery Xiaomi Mi4i kepada sobat. Bagi sobat yang ingin melakukan cara ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar dan teliti dan pastinya kami tidak menangguh resiko yang terjadi pada perangkat sobat saat sobat gagal mengeksekusi yang mengakibatkan error pada sistem atau hal yang lainnya (DWYOR). Mari ikuti panduan dibawah ini.

Panduan Install TWRP, ROOT, dan Unroot Xiaomi Mi4i

Sebelum melakukan install  root Xiaomi Mi4i, sobat harus memiliki beberapa tool dibawah ini, silahkan sobat download terlebih dulu:

Persyaratan sebelum root dan instal TWRP Recovery Xiaomi Mi4i

Syarat 1 - Enable USB Debugging Mode di Developer Option, 

Dengan cara: Masuk ke menu settings > about phone > tap beberapa kali di MIUI Version (nanti akan muncul menu baru yaitu Developer Options) kemudian masuk ke menu setting > additional settings > developer options > centang USB Debugging

Syarat 2 - USB Driver untuk Xiaomi Mi4i sudah terinstall di PC

Syarat 3 - Smartphone memiliki baterai melebihi 50%

Syarat 4 - Mempunyai PC atau Komputer

Tutorial Root dan Unroot Xiaomi Mi4i

Langkah 1 - Download semua Tool diatas, jika sudah maka extrack Mi4i Toolkit v4 Update.

Langkah 2 - Instal ADB USB Driver pada komputer PC atau Laptop.

Langkah 3 - Jalankan file start.bat yang terdapat pada folder Mi4i Toolkit v4 Update.

Langkah 4 - Hubungkan smartphone anda ke PC. Jika muncul pop up/pesan centang “always allow from this computer” lalu tap OK.
Cara Root Xiaomi Mi 4i 1


Langkah 5 - Nah setelah anda menjalankan file start.bat pada langkah 3, akan muncul jendela CMD seperti gambar dibawah ini, Tekan 1 "Root Your Mi4i" untuk memulai root pada Mi4i.
Cara Root Xiaomi Mi 4i 2


Langkah 6 - Tunggu beberapa detik hingga muncul tulisan waiting for device.

Langkah 7 - Kemudian copot USB kabel kamu dari PC, jangan di close CMD start.bat.

Langkah 8 - Matikan smartphone anda / power off, kemudia masuk kedalam fastboot,

Dengan cara: tekan dan tahan tombol volume bawah + power hingga muncul gambar Android fastboot, selanjutnya lepas tombol volume bawah (-) + tombol power.

Langkah 9 - Sambungkan kembali smartphone ke PC dengan kabel USB

Langkah 10 - Proses tadi yang berhenti pada waiting for device akan berjalan kembali seperti gambar dibawah ini.
Cara Root Xiaomi Mi 4i 3


Langkah 11 - Setelah beberapa detik, maka smartphone anda akan terestart dengan sendirinya.

Selamat smartphone Xiaomi Mi4i anda sudah berhasil root. Bagi sebagian anda yang ingin mengembalikan geransi produk dari smartphone, sebaiknya jangan anda kasih ke tempat anda beli, sebab smarphone sudah ter-root. itulah resiko melakukan rooting pada setiap smartphone. Ada 1 solusinya yaitu melakukan Unroot pada smartphone yang sudah memeiliki hak akses root.


Apa Itu Unroot? 

Unroot merupakan lawan kata dari rooting, jika root(ing) yaitu suatu proses di mana mengizinkan user perangkat, baik itu berupa smartphone atau tablet yang memiliki sistem operasi Android untuk mendapatkan hak khusus adminstratif pada sistem atau yang sering disebut dengan istilah pengguna root[wiki]. 
Maka, unroot adalah proses pencabutan / penghapusan hak akses (previlileged) root dari pengguna smartphone yang memiliki sistem operasi Android.

Cara Unroot Xiaomi Mi4i menggunakan SuperSU

Langkah 1 - Bila anda sudah berhasil melakukan proses root seperti cara diatas, maka SuperSU sudah terinstal pada perangkat, maka buka SuperSU/Super User.
Cara Unroot Xiaomi Mi 4i 1


Langkah 2 - Lalu cari pilihan Full Unroot yang ada pada SuperSU.
Cara Unroot Xiaomi Mi 4i 2


Langkah 3 - Setelah anda melakukan langkah 2, maka akan muncul notifikasi konfirmasi. Jika anda sudah yakin, pilih Continue untuk unroot.
Cara Unroot Xiaomi Mi 4i 3


Langkah 4 - Tunggu beberapa detik hingga proses unroot selesai. Jika Unroot sukses, maka smartphone Android akan melakukan Restart secara otomatis.

Cara Unroot Xiaomi Mi4i Dengan Kingroot

Langkah 1 - Download aplikasi Kingroot android di sini.

Langkah 2 - Bila sudah, buka aplikasi kingroot.

Langkah 3 - Didalam Kingroot, Pilih Menu > Uninstall KingRoot.
Cara Unroot Xiaomi Mi 4i 4


Langkah 4 - Jika anda  sudah yakin ingin menghilangkan root, maka klik Continue.
Cara Unroot Xiaomi Mi 4i 5




Langkah 5 - Tunggu beberapa menit, Done anda sudah berhasil Unroot Xiaomi Mi4i dengan Kingroot :).

Cara Instal TWRP Recovery Xiaomi Mi4i

Instal TWRP Recovery pada Xiaomi Mi4i sangat lah mudah, hanya mengikuti 3 langkah yang akan saya jelaskan dibawah, maka anda telah berhasil instal TWRP Recovery, jadi perhatikan dengan teliti 3 Langkah mudah install TWRP Recovery Xiaomi Mi4i.

Langkah 1 - Buka kembali file Start.bat yang terdapat pada folder Mi4i Toolkit v4 Update.

Langkah 2 - Nah setelah anda menjalankan file start.bat pada langkah 1, akan muncul jendela CMD seperti gambar dibawah ini, Tekan 2 "Flash Twrp 2.8.6.0 On Mi4I" untuk menginstal TWRP Recovery pada Mi4i.
Cara Instal TWRP Xiaomi Mi 4i 1


Langkah 3 - Restart perangkat anda untuk tahap akhir instal TWRP.

Somoga sobat menikmati panduan saya berikan ini seperti saya menikmati menulisnya, Sekian panduan lengkap mengenai instal TWRP Recovery dan root dan unroot Xiaomi Mi4i , silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang sobat mengerti. 

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainnya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.