Panduan Lengkap Root, Unroot dan Install TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 3

Lagi-lagi vendor yang berasal dari China Xiaomi resmi mengeluarkan produk terbarunya, smartphone ini dinamai dengan nama Xiaomi Redmi Note 3. Bagi fanters Xiaomi rasanya itu senang bukan main, sebab smartphone ini merupakan smartphone pertama Xiaomi yang mengusung teknologi sensor sidik jari sebagai fitur terbaiknya.

Mempunyai desain unibody yang di kerjakan menggunakan material metal membuat desain keseluruhan ponsel ini terlihat lebih mewah dan menarik. Apalagi dengan harga Xiaomi Redmi Note 3 yang dibandrol 3 jutaan smartphone ini sudah mengusung sebuah layar berukuran 5.5 inci yang dipadu menggunakan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan pixels hingga~403 ppi dan sudah menggunakan sistem Operasi Android Lollipop 5.1 yang di perbagus dengan tampilan user interface MIUI 7 secara sempurna.

Sayangnya Xiaomi Redmi Note 3 yang kita peroleh ini bukanlah produk resmi yang dipasarkan dan dijual untuk Indonesia, karena produk ini mempunyai garansi distributor yang kita dapatkan dari salah satu toko online terkenal di Indonesia.

review Xiaomi Redmi Note 3


Nah setelah kita mereview sedikit mengenai Xiaomi Redmi Note 3, pada artikel kali ini saya akan bahas bagaimana melakukan rooting pada Xiaomi Redmi Note 3 sekaligus menginstal TWRP Recovery untuk menyempurnakan Smartphone fenomenal ini.

Tampaknya bagi sobat pengguna Xiaomi Redmi Note 3 yang saat ini sedang khawatir atau sedang panik saat mencari panduan untuk root dan instal TWRP Recovery untuk Xiaomi Redmi Note 3, sobat bisa mengikuti dan membaca panduan ini. Sebenarnya, cara root dan TWRP Recovery pada Xiaomi Redmi Note 3 sangat mudah dan tidak terlalu menyulitkan. Untuk melakukan tutorial ini memang masih sama dengan Xiaomi terdahulu

Pengguna android pasti sudah tau dengan root dan TWRP recovery, namun sebagian pasti ada yang belum semiliar dengan istilah ini. Nah daripada penasaran tentang root dan twrp, kami akan menjelaskan sedikit mengenai keduanya, simak ulasan berikut ini.

Apa itu root dan twrp recovery 

Apa itu root android

Pengertian Root

Root adalah administrator yang menyediakan hak penuh kepada user Android untuk mendominasi sistem-sistem pada Smartphone. Bila sobat melakukan Root, sobat dapat menambahkan, mengurangi maupun metransformasi data-data dan file yang terdapat pada sistem Android yang bila dalam kondisi standar (belum te-root) file-file tersebut tidak bisa di akses. Bila dianalogikan sama seperti sistem operasi pada PC "Windows", fungsi root juga dapat memberikan hak administrator kepada pengguna.

Pengertian TWRP Recovery 

TWRP merupakan salah satu dari dua pemulihan custom recovery paling populer untuk Android yaitu TWRP recovery dan CWM recovery. Recovery ini diinstal ketika sobat ingin root ponsel atau tablet dan memungkinkan sobat dapat melakukan sejumlah modifikasi, menambah tweak pada sistem dan dapat melakukan flash ROM. 

Daripada kelamaan, sebaiknya kami segera membahas tutorial root dan TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 3 kepada sobat. Bagi sobat yang ingin melakukan cara ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar dan teliti dan pastinya kami tidak menangguh resiko yang terjadi pada perangkat sobat saat sobat gagal mengeksekusi yang mengakibatkan error pada sistem atau hal yang lainnya (DWYOR). Mari ikuti panduan dibawah ini.

Panduan Install TWRP, ROOT, dan Unroot Xiaomi Redmi Note 3

Untuk memulai Root pada Xiaomi Redmi Note 3, sobat harus terlebih dahulu melakukan install Custom Recovery. Jika sudah memiliki, baru sobat dapat memulai proses root. 

Sebelum melakukan install Custom Recovery dan root Xiaomi Redmi Note 3, sobat harus memiliki beberapa tool dibawah ini, silahkan sobat download terlebih dulu:


Persyaratan sebelum root dan instal TWRP Recovery Xiaomi Redmi Note 3

  • Enable USB Debugging Mode di Developer Option
  • USB Driver untuk Xiaomi Redmi Note 3 sudah terinstall di PC
  • Smartphone memiliki baterai melebihi 50%
  • Mempunyai PC atau Komputer

Tutorial Install TWRP Recovery Dan Root Xiaomi Redmi Note 3

Langkah 1 - Download semua Tool diatas, jika sudah extrack Minimal Fastboot Files.

Langkah 2 - Kemudian letakkan file TWRP 2.8.7 Redmi Note 3.img kedalam folder Minimal Fastboot Files.



Langkah 3 - Aktifkan Mode Developer Option pada Xiaomi Redmi Note 3 dengan cara masuk ke menu Setting > General Setting > About Phone kemudian tap 7X pada Android version hingga muncul You are now a Developer!.

Langkah 4 - Selanjutnya balik lagi ke Setting > General Setiing > Developer Option. Enable USB Debugging mode dan hubungkan Xiaomi Redmi Note 3 ke PC.

Langkah 5 - Pastikan USB Driver Xiaomi Redmi Note 3 sudah terinstal di PC anda

Langkah 6 - Selanjutnya Buka folder Minimal Fastboot Files lalu klik 2X pada command.bat lalu ketikkan kode berikut ini.
"adb devices"
cara root xiaomi redmi note 3 1


Langkah 7 - Jika tampil nama device seperti gambar diatas berarti Xiaomi Redmi Note 3 anda sudah terdeteksi di PC. Jika tidak muncul, berarti Driver ADB belum terinstal di PC.

Langkah 8 - Ketikkan kode dibawah ini untuk reboot dan masuk ke bootloader Xiaomi Redmi Note 3.
"adb reboot bootloader"
cara root xiaomi redmi note 3 2


Langkah 9 - Jika anda sudah didalam bootloader, nah sekarang saatnya untuk install Custom Recovery. Caranya dengan mengetikkan kode dibawah ini:
"fastboot flash recovery twrp.img"
cara root xiaomi redmi note 3 3


Langkah 10 - Tunggu beberapa detik dan jika sudah selesai seperti gambar diatas berarti TWRP Recovery sudah terinstal di Xiaomi Redmi Note 3. Setelah TWRP terinstall, sekarang saatnya melakukan root.

Langkah 11 - Reboot smartphone anda.

Langkah 12 - Tempatkan File UPDATE-SuperSU Kedalam memori internal Android agar gampang ditemukan.

Langkah 13 - Buka Xiaomi Redmi Note 3 dan masuk kedalam Setting > Updater > Menu lalu pilih Reboot to Recovery mode.
cara root xiaomi redmi note 3 4


Langkah 14 - Nah selanjutnya Klik Install dan cari lokasi file UPDATE-SuperSU.zip yang sudah anda simpan, kemudian lakukan swipe ke kanan untuk install UPDATE-SuperSU.zip.
cara root xiaomi redmi note 3 5


Langkah 15 - Jika sudah berhasil terinstal, maka secara otomatis anda sudah berhasil root Xiaomi Redmi Note 3. Untuk meyakinkan bahwa root berhasil atau tidak, anda bisa download aplikasi Root Checker yang sudah di sediakan di Playstore.


                    Cara mudah root Xiaomi Mi 4i terbaru

Selamat smartphone Xiaomi Redmi Note 3 anda sudah berhasil root. Bagi sebagian anda yang ingin mengembalikan geransi produk dari smartphone, sebaiknya jangan anda kasih ke tempat anda beli, sebab smarphone sudah ter-root. itulah resiko melakukan rooting pada setiap smartphone. Ada  1 solusinya yaitu melakukan Unroot pada smartphone yang sudah memeiliki hak akses root.

Baca tutotial Unroot Xiaomi Redmi Note 3 dibawah ini:

Apa Itu Unroot?

Unroot merupakan lawan kata dari rooting, jika root(ing) yaitu suatu proses di mana mengizinkan user perangkat, baik itu berupa smartphone atau tablet yang memiliki sistem operasi Android untuk mendapatkan hak khusus adminstratif pada sistem atau yang sering disebut dengan istilah pengguna root[wiki]. Maka, unroot adalah proses pencabutan / penghapusan hak akses (previlileged) root dari pengguna smartphone yang memiliki sistem operasi Android.

Cara Unroot Xiaomi Redmi Note 3 menggunakan SuperSU

Langkah 1 - Bila anda sudah berhasil melakukan proses root seperti cara diatas, maka SuperSU sudah terinstal pada perangkat, maka buka SuperSU/Super User.
cara unroot xiaomi redmi note 3 1


Langkah 2 - Lalu cari pilihan Full Unroot yang ada pada SuperSU.
cara unroot xiaomi redmi note 3 2


Langkah 3 - Setelah anda melakukan langkah 2, maka akan muncul notifikasi konfirmasi. Jika anda sudah yakin, pilih Continue untuk unroot.
cara unroot xiaomi redmi note 3 3


Langkah 4 - Tunggu beberapa detik hingga proses unroot selesai. Jika Unroot sukses, maka smartphone Android akan melakukan Restart secara otomatis.

Cara Unroot Xiaomi Redmi Note 3 Dengan Kingroot


Langkah 1 - Download aplikasi Kingroot android di sini.

Langkah 2 - Bila sudah, buka aplikasi kingroot.

Langkah 3 - Didalam Kingroot, Pilih Menu > Uninstall KingRoot.
cara unroot xiaomi redmi note 3 4


Langkah 4 - Jika anda  sudah yakin ingin menghilangkan root, maka klik Continue.
cara unroot xiaomi redmi note 3 5


Langkah 5 - Tunggu beberapa menit, Done anda sudah berhasil Unroot Xiaomi Redmi Note 3 dengan Kingroot :).

Somoga sobat menikmati panduan saya berikan ini seperti saya menikmati menulisnya, Sekian panduan lengkap mengenai instal TWRP Recovery dan root dan unroot Xiaomi Redmi Note 3, silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang sobat mengerti. 

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainnya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.