Analisa situs portalsatu

ANALISA WEB PORTAL SATU


Assalammualaikum blogger...
Hallo blogger, pada kesempan kali ini saya akan mengganalisa sebuah website, yang mana web tersebut pasti kalian ketahui yaitu website "PORTAL SATU", Pernah denggar kan, masak nggak..
topik yang akan analisa menggenai situs www.portalsatu.com, mulai dari:
  1. Kecepatan access nya, access disini merupai access kita melalui dekstop dan mobile.
  2. Desain background dan iklan
  3. Tampilan menu berita
  4. Sajian bahasa dan analisa berita
  5. Kecepatan publikasi dan keakuratan berita
  6. Target pembaca
  7. Kesimpulan
KECEPATAN ACCESS
          Dalam dunia SEO (Search Engine Optimation) kecepatan akses sebuah sebsite sangatlah penting. Jika anda ingin pengunjung web anda betah, maka kecepatan akses website adalah kuncinya.
Bisa anda bayangkan jika anda masuk sebuah website dan loadingnya lambat sekali, pasti kita tidak sabar dan segera meninggalkannya lalu mencari website yang lain.
Disamping bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pengunjung, ternyata jika akses ke website tersebut cepat maka dimata mesin pencari google dianggap websitenya optimal.
Google tentunya menjaga reputasinya dan hanya memberikan hasil pencarian yang berbobot kepada netter diseluruh dunia, google hanya menyediakan website-website yang punya kecepatan akses  yang bagus agar para netter puas.
Sehingga kesimpulannya adalah sebuah website akan Optimal di mata google jika dia punya kecepatan akses yang bagus.
Dan ini kecepatan access versi mobile:
Dan  selanjutnya, Kecepatan dalam versi dekstop:
Bagaimana netter, dapat dilihat bukan, dari versi mobile nilai 0/100, dan versi Desktop  0/100, Dan speed tersebut saya test di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights.
Berikut ini adalah katagori penilaian kecepatan:
Katagori Buruk => Nilai 1-60
Katagori Lumayan => Nilai 61-70
Katagori Cukup baik => Nilai 71-80
Katagori Baik => Nilai 81-90
Katagori Sangat Baik => Nilai 91-100
Jadi situs tersebut termasuk kedalam katagori??? Nilai lah sendiri..

Desain background dan iklan
         Dalam pembuatan sebuah website kita perlu memikirkan desain yang digunakan untuk membuat website, karena desain tersebut sangat mempenggaruhi peningkatan traffic pengunjung. Dan dari desain portalsatu desain nya sungguh memuaskan, karena info/berita yang ditampilkan dengan bentuk slide, dari situ kata langsung dapat melihat isi berita yang ditampilkan dalam bentuk picture supaya memudah netter dalam mencari berita yang diinginkan.
Dan di situs tersebut juga terdapat iklan atau sering kita dengar dengan istilah Pop-Ups.
Dan ini berupa screenshot nya:
Dapat lihat bukan, Pop_Ups nya ada disamping tulisan portal satu, cuma itu iklan nya. tidak mengganggu dan cukup rapi.
Dari segi bentuk iklan, portalsatu menampilkan iklan dalam bentuk berita.



TAMPILAN MENU BERITA
          Bisa dikatakan bahwa penempatan menu berita adalah yang paling terpenting. Karena, biasanya user akan mengamati sebuah website dimulai dari atas, kiri-kanan, dan terakhir kebawah.
Menu berita di situs ini meliputi Home, News, Politik, Ekbis, Gaya, Budaya, Entertaiment, Sport, Kampus, Travel, Oase, health.
Dalam penempatannya sudah tepat, sehingga user bisa mengetahui konten apa aja yang ditawarkan pada website ini. Namun menurut saya pembuatan menu utamanya biasa saja dalam artian sederhana,tapi cukup simple sehingga user tertarik dengan website ini. Website ini hanya mengkombinasikan warna putih, bitu, dan hitam dalam artian menyesuaikan website dengan warna logo prudential.

SAJIAN BAHASA DAN ANALISA BERITA
          Portalsatu menampilkan berita dan informasi yang ada di aceh, dan dalam pengimputan berita, admin menyajikan bahasa yang bisa kita menggerti, artian penggertian disini adalah bahasa yang tidak begitu formal, Sehingga memudahkan netter dalam memahami isi yang di sampaikan admin.

KECEPATAN PUBLIKASI DAN KEAKURATAN BERITA
      Dalam mempublikasi berita di dalam situs ini, Portalsatu terus mengupdate berita yang terjadi di Aceh dengan cepat, Dan keakuratan belum dapat saya simpulkan karena belum ada berita yang di post kan di daerah saya, sehingga saya tidak bisa menilai keakuratan berita tersebut.

TARGET PEMBACA
          Dari yang dapat saya rangkumkan, situs ini menargetkan pembaca dari lingkungan politik dan orang dewasa, Sebab berita yang di sajikan tentang politik dan kejadian-kejadian yang ada di aceh, contoh nya: Kecalakaan dan pembunuhan.

KESIMPULAN
          Setiap situs memiliki keunikan sendiri, mulai dari tampilan, keakuratan berita, bahasa yang disajikan. Menurut saya situs ini memiliki traffic yang cukup tinggi sebab tampilan yang di sajikan memanjakan netter dan Pop-Ups nya tidak berserakkan, sehingga merumitkan netter dalam melihat berita yang di inginkan.
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.