Definisi Website


          Secara makna sebuah WEBSITE adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
Nah dari makna itu, bisa kita fahami bahwa definisi website secara sederhana adalah informasi apa saja yang bisa di akses dengan menggunakan koneksi jaringan internet.

Jenis-jenis situs webSecara umum, situs web digolongkan menjadi 3 jenis yaitu: Website Statis, Website Dinamis, Website Interaktif.

a.Website Statis
Dari kata statis atau " saja", KI sudah dapat kita pahami tidak berubah. Mudah bukan?
Tapi tentu tidak ada salahnya jika kita juga ketahui makna sebenarnya dari situs statid ini.
Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari situs itu. 
B. Website Dinamis
Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya. 
C. Website Interaktif
Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak melenceng dari alur pembicaraan.

Macam-macam domain website

 Domain website, contohnya bisa di baca di bawah ini:
  • .co.id : Biasanya digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan hukum sah.
  • .go.id : Khusus digunakan untuk Lembaga Pemerintahan  RI.
  • .ac.id : Dipakai untuk Lembaga Pendidikan.
  • .or.id: Dipakai untuk segala macam organisasi yang tidak termasuk kedalam kategori ”co.id”,”go.id”,”mil.id”, “ac.id” dan sebagainya.
  • .war.net.id : Dipaki untuk industri warung internet (warnet) yang ada di Indonesia
  • .sch.id: Dipakai khusus untuk Lembaga Pendidikan SD, SMP dan SMU atau SMK
  • .web.id: Biasanya digunakan untuk organisasi, badan usaha, ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di WWW.
Website yang menggunakan responsive design
Definisi Responsive Design
Secara sekilas, teknik ini cukup sederhana, apabila anda menguasai HTML dan CSS, maka anda bisa menerapkan teknik Responsive Design. Karena sebenarnya yang dilakukan adalah CSS mengecek ukuran area browser, kemudian akan menerapkan style CSS yang sesuai dengan ukuran tersebut. Jadi tidak memerlukan kode pemrograman yang script based seperti PHP, ASP atau lainnya. Teknik ini murni urusan si UX designer atau front end designer.
Istilah Responsive web design awalnya dicetuskan oleh Ethan Marcotte dalam sebuah artikelnya di ListApart(http://www.alistapart.com/articles/responsive-web-design/). Ia mengulas tiga teknik yang telah ada yakni Flexible grid layout, flexible images, dan media and media queries ke dalam satu pendekatan dan menamakannya Responsive Design. Beberapa istilah yang digunakan untuk mengacu hal yang sama antara lain fluid design, elastic layout, rubber layout, liquid design, adaptive layout, cross-device design, dan flexible design.
Marcotte dan beberapa ahli lainnya berargumen bahwa metodologi responsive yang sebenarnya adalah tidak hanya cukup melakukan perubahan layout sesuai dengan ukuran browser yang mengaksesnya, akan tetapi melakukan perubahan total secara keseluruhan terhadap pendekatan yang kita pakai saat mendesain sebuah web. Daripada memulai desain pada ukuran layar desktop yang fixed atau tetap dan kemudian mengecilkannya dan mengatur isinya guna keperluan ukuran yang lebih kecil, maka sebaiknya desain dilakukan pada ukuran viewport yang terkecil terlebih dahulu dan dilanjutkan pada ukuran viewport yang lebih besar.

Kegunaan Web responsive

1. Meningkatnya Pengguna Ponsel
- Lebih dari 20% dari pencarian google kini dilakukan melalui ponsel.
- Pada tahun 2012 lebih dari setengah dari local search dilakukan melalui ponsel.
- 25% pengguna internet di Amerika hanya mengakses internet melalui perangkat mobile.
- 25,85% dari seluruh email dibuka di ponsel, dengan 10,16% lain nya dibuka di tablet.
- Pada tahun 2015 pengguna internet mobile diperkirakan akan menyalip pengguna desktop.
- Dari 4 miliar ponsel didunia, 1.08 miliar adalah smartphone dan 3.05 mengaktifkan sms.

2. Direkomendasikan Oleh Google
- Karena lebih efisien bagi bot google untuk menjelajahi situs anda dalam 1 url saja.
- Lebih mudah dalam berbagi ke pengguna dan pengguna akan lebih sederhana menggunakannya. Tentu ini akan berpengaruh kpd trafik yg disukai google.

3. Dapat Meningkatkan Conversion Rates
- Ada penelitian yang menemukan 69% dari pengguna tablet berbelanja menggunakan perangkat mereka tersebut dalam 30 hari terakhir.

4. User Experience Yang Baik
Desain web yang responsif dapat memberikan pengunjung pengalaman yang lebih baik. Sebagai contoh, pengguna tidak perlu main-main dengan zoom dan mengecilkan teks dan gambar pada layar. Hal ini membuat lebih mudah dan lebih nyaman bagi pengguna untuk membaca dan menjelajahi situs anda.

5. Mudah Untuk Dikelola.
Sedikit kita kembali ke SEO, jika anda memiliki website yang terpisah anda desktop dan mobile, Anda harus menjalankan SEO campaigns terpisah untuk keduanya. Dengan desain responsive, anda hanya cukup mengoptimasi 1 kali saja.

6. Terdepan Dalam Persaingan.
Dalam dunia bisnis, kita tentu harus berada di depan, harus lebih dulu dan lebih maju dibanding kompetitor. Desain web responsive disukai oleh google, jadi kemungkinan anda berada di baris terdepan di hasil pencarian google tentu lebih besar. Dengan ini tentu anda bisa menyalip calon pembeli agar tidak menuju website pesaing anda. Website anda juga akan dinilai baik bahkan lebih modern oleh pengunjung. Website yang baik akan lebih disenangi tentunya.

Website yang menggunakan webmobile design
Pengertian Desain Mobile Website
          Tahukah Anda bahwa di dunia saat ini terdapat lebih dari 5,9 miliar pengguna ponsel, dan seribu lebih bertambah setiap menit
Sekitar 20% dari pemilik ponsel (lebih dari 1,2 miliar dan terus berkembang) telah melihat-lihat Internet melalui ponsel mereka. Inilah alasan mengapa menjelajah Web mobile diperkirakan akan menjadi platform dominan internet berikutnya.
Banyak perusahaan telah melihat bagaimana menjanjikannya platform mobile dan telah melengkapinya dengan situs web mobile. Sebuah situs web mobile saat ini bukan hanya sebuah trend. Hal ini diperkirakan bahwa situs mobile di masa depan akan terbukti menjadi suatu keharusan, bahkan standar Internet yang baru. Saat ini, ada jutaan pengguna ponsel WAP yang menjelajah Internet. Tapi, ada yang sangat disayangkan ketika ternyata jumlah situs Web mobile yang berfokus pada konsumen yang benar-benar memuat dengan baik tampilan situs sesuai perangkat mobile yang digunakan ternyata sangat kecil.
Tujuan Webmobile

          Membolehkan Laman Web Rasmi JKSNJ diakses di telefon bimbit (smartphone) menggunakan android,windows phone, iphone, blackberry dan lain-lain. Sebagai kemudahan bagi “Mobile Friendly website” yang mana akan menghadkan paparan laman web, maklumat boleh diakses dengan saiz yang lebih kecil dan padat dan mudah.
Previous
Next Post »
Powered by Blogger.