ADB & Fastboot: Cara Mudah Instal ADB Drivers, Setup ADB dan Fastboot

Cara Mudah Instal ADB Drivers, Setup ADB dan Fastboot - Jika sobat ingin unlock bootloader, install custom recovery, root ponsel android sobat atau flash custom ROM pada gedget sobat, sobat pasti akan menemukan istilah ADB, ADB Drivers dan Fastboot jika melakukan hal tersebut. Pada panduan kali ini admin ingin menjelaskan sedikit mengenai apa itu ADB dan Fastboot? Bagaimana menginstal ADB Drivers dan terakhir bagaimana menginstal dan menjalankan ADB dan Fastboot untuk android pada operasi sistem Windows dan MAC.


Cara Mudah Instal ADB Drivers, Setup ADB dan Fastboot

Apa itu ADB?

ADB (Android Debug Bridge) adalah command-line utility yang merupakan bagian dari Google Android SDK. Fungsi dari ADB sendiri yaitu untuk mengontrol perangkat Android melalui sambungan USB dari komputer anda, berbagai macam perintah dapat kita lakukan dengan menggunakan bantuan ADB dari PC ke Android, contohnya untuk menjalankan perintah shell (command), dapat mengirim file eksternal dari PC ke android atau sebaliknya, dapat menginstal dan menghapus aplikasi, reboot, reboot kedalam mode recovery, reboot kedalam mode bootloader,  dan masih banyak lagi. Dengan adanya ADB memungkinkan developers untuk mengoprek / memodifikasi dan mengembangkan operasi sistem android.

ADB merupakan salah satu media untuk mengembangkan operasi sistem Android yang memiliki banyak fitur - fitur sehingga mampu menjadi sebuah tool pemecahan suatu masalah,contohnya terjadi sebuah kerusakan file, Lupa akan pola password untuk membuka menu android, terjadi error pada system dan lain sebagainya, dan karena hal tersebut yang membuat ADB mempunyai peran penting khususnya untuk mengatasi masalah-masalah pada operasi sistem android.

Apat itu Fastboot?

Fastboot merupakan sebuah istilah baru sudah tergabung dalam ADB, Fastboot merupakan sebuah alat protokol diagnostik, dengan teknik khusus anda dapat melakukan booting pada android (mode bootloader). Jika anda berada dalam mode fastboot, anda sapat langsung flash file-file sistem, dapat menganti partisi image android sistem (.img) selama perangkat anda terkoneksi dengan PC via kabel USB. Sangat disayangkan tidak semua ponsel android memilik fastboot mode, Nexus dan Asus merupakan salah satu smartphone android yang memiliki fastboot mode dan serta beberapa smarphone android lainnya.

Ada ADB dan ada juga Fastboot. Apa sih perbedaan keduanya?

Fastboot sering digunakan untuk melakukan flashing atau menginstall aplikasi dari luar sistem Android (dalam mode fastboot dan mode recovery). Hampir setiap gedget Android mempunyai Fastboot Mode. Nah Fastboot ini biasanya dipakai untuk menginstal Custom Recovery seperti custom ROM cyanogenmod yang merupakan custom ROM yang paling banyak dicari. 

Untuk melakukan flashing custom ROM , syarat pertama anda harus berhasil unlock bootloader dari perangkat Android tersebut dan unlock bootloader merupakan hal wajib jika ingin flash custom ROM dan Fastboot juga bisa melakukan flashing Custom Recovery, seperti TWRP dan CWM.

Nah setelah kita membahas mengenai "apa itu fastboot dan bootloader?" saatnya kita memasuki hal yang penting dari panduan ini, Berikut ini adalah cara cepat dan mudah untuk menginstal driver ADB, setup ADB dan fastboot pada Windows dan OS X kedalam perangkat Android Anda. Kita akan membahas hal-hal tersebut dalam urutan sebagai berikut:
  • Bagaimana cara menginstal ADB Drivers?
  • Bagaimana menjalankan ADB dan Fastboot pada Windows?
  • Bagaimana menjalankan ADB dan Fastboot pada MAC?

Cara mudah untuk menginstal ADB Drivers

  1. Untuk menginstal ADB Driver untuk android anda, anda harus mendownload PdaNet, PdaNet sangat lengkap dengan driver-driver dari berbagai macam merek smartphone, jadi PdaNet sangat penting untuk driver android anda. Download PdaNet
  2. Jika android anda sudah terhubung ke PC, copot dulu sambungannya dari PC anda (jangan koneksikan perangkat anda sampai muncul proses yang mengharapkan sambungan ke PC) dan setelah anda mendownload PdaNet, sekarang anda isntal PdaNet. Pilih "Yes" Jika proses instalasi meminta Anda untuk mengganti atau uninstall driver yang sudah ada.
    Instal PdaNet
    Instal PdaNet
  3. Pada layar untuk memilih ponsel, pilih produk ponsel anda Motorola, HTC, Samsung, LG, dan Others (jika ke 4 produk itu bukan produk ponsel anda maka pilih Others).
    Pilih produk ponsel di PdaNet
  4. Maka selanjutnya akan muncul warning memberitahukan bahwa windows Anda bahwa Windows tidak bisa memverifikasi penerbit perangkat ini. anda tidak perlu takut. anda hanya tinggal klik “Install this Driver Software anyway”.
    Install this Driver Software anyway on PdaNet
  5. Setelah anda melakukan langkah yang ke-4, maka warning tersebut akan muncul lagi, klik lagi “Install this Driver Software anyway” hingga warning ini hilang.
  6. Ketika PdaNet meminta anda untuk mengaktifkan USB Debugging, nah sekarang baru anda koneksikan ponsel anda ke PC dan tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah instalasi driver sukses terinstal di PC anda, berarti Anda telah berhasil menginstal driver ADB untuk perangkat android Anda.
    akses USB Debugging on PdaNet
  7. Pastikan PdaNet sudah anda keluarkan pada menu taskbar, hal ini untuk menghindari gangguan saat menjalankan perintah ADB/Fastboot pada command prompt.
    adb driver android
  8. Untuk mengecheck apakah ADB Driver sudah berhasil terinstal di PC dengan cara hubungkan perangkat anda ke PC > Buka "Device Manager" pada windows dan lihat Jika ada tanda seru (!) dengan pada setiap daftar ADB/perangkat, berarti gagal instal ADB Driver tapi jika tidak ada, berarti ADB Driver sudah berhasil terinstal di PC.
    adb driver android 1
Jika anda belum yakin bahwa ADB Driver belum terinstal dengan benar pada PC, kamu bisa menggunakan aplikasi USB Deview untuk menghapus driver USB dan instal kembali ADB Driver seperti cara diatas.

3 Cara mudah untuk menjalankan ADB dan Fastboot di windows

Berikut ini adalah panduan menjalankan ADB dan Fastboot untuk perangkat android di operasi sistem Windows, panduan ini tidak mengharuskan anda untuk mendownload Android SDK. Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Untuk menjalankan ADB dan Fastboot untuk perangkat android pada windows, syarat pertamanya adalah anda harus mendownload file zip ini: adb-fastboot-win.zip. Didalam zip ini terdapat semua berkas ADB dan Fastboot seperti adb.exe, fastboot.exe, adbwinapi.dll, dan adbwinusbapi.dll. dan file Start.cmd untuk membuka command prompt kederektori ADB dan Fastboot.

Langkah 2 - Extract file adb-fastboot-win.zip yang anda download dan simpan di dalam folder PC anda. setalah anda berhasil, Sekarang setiap kali Anda ingin menggunakan perintah ADB atau fastboot,anda  cukup menjalankan file  START.cmd.
Setup ADB fastboot 1

Langkah 3 - Untuk mengecheck apakah ADB berjalan sempurna pada PC, cara nya aktifkan USB Debugging pada android anda dan hubungkan android ke PC, kemudian buka file Start.cmd. tuliskan perintah "adb devices" jika muncul no serial dari ponsel anda, berarti ADB driver sudah berhasill terinstal di PC tetapi jika tidak muncul berarti ada masalah pada ADB Driver yang anda instal.
android adb devices on command prompt

6 Cara mudah untuk menjalankan ADB dan Fastboot di MAC

Berikut ini adalah panduan menjalankan ADB dan Fastboot untuk perangkat android di operasi sistem MAC, panduan ini tidak mengharuskan anda untuk mendownload Android SDK. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 - Untuk menjalankan ADB dan Fastboot untuk perangkat android pada MAC, syarat pertamanya adalah anda harus mendownload file zip ini: adb-fastboot-mac.zip.atau adb-fastboot-mac.zip Didalam zip ini terdapat semua berkas ADB dan Fastboot seperti adb.exefastboot.exeadbwinapi.dll, dan adbwinusbapi.dll. dan file Start.cmd untuk membuka command prompt kederektori ADB dan Fastboot.

Langkah 2 -  Extract file adb-fastboot-win.zip yang anda download dan simpan di dalam folder PC anda. setalah berhasil menempatkan file zip, tugas selanjutnya ialah menavigasi folder ADB dan Fastboot di terminal, kami akan membuat sebuah file entri di ~/.bash_profile untuk konfigurasi file ADB agar dapat diakses dari terminal.

Langkah 3 - Buka Terminal MAC, dan tuliskan perintah ini "nano ~/ .bash_profile"

Langkah 4 - Perintah di atas untuk membuka file dalam teks editor. Sekarang tambahkan baris berikut ini pada baris akhir file: "export PATH=${PATH}:your_adb_dir".
Sekarang gantikan your_adb_dir dengan path ke folder tepat anda menyimpan file ADB (yang ada pada langkah 2) contoh kami meletakkan file ADB pada folder Users/abc/adb-fastboot-mac.

Langkah 5 Simpan file tersebut dan tekan CTRL + X untuk keluar, kemudian Y untuk mengonfirmasi dan tekan enter. setelah anda menekan enter maka  nano editor akan tertutup. Selesai! Sekarang Anda dapat menggunakan perintah ADB dan fastboot di Terminal. Dan tutup Terminal anda.

Langkah 6 - Untuk mengecheck apakah ADB berjalan sempurna pada PC, cara nya aktifkan USB Debugging pada android anda dan hubungkan android ke PC, kemudian buka file Start.cmd. tuliskan perintah "adb devices" jika muncul no serial dari ponsel anda, berarti ADB driver sudah berhasill terinstal di PC tetapi jika tidak muncul berarti ada masalah pada ADB Driver yang anda instal.

15 perintah ADB yang harus anda ketahui

Catatan: untuk menjalankan perintah ini, pastikan USB debugging diaktifkan pada perangkat Anda.
  • adb devices - untuk melihat semua daftar perangkat yang terhubung ke PC.
  • adb push - untuk meng-copy file/direktori ke perangkat android.
  • adb pull [] - Untuk copy host android.
  • adb reboot - Untuk normal reboot android.
  • adb reboot bootloader - Untuk reboot android kedalam mode bootloader.
  • adb reboot recovery -  Untuk reboot android kedalam mode recovery.
  • adb reboot fastboot -  Untuk reboot android kedalam mode fastboot.
  • adb install [-l] [-r] [-s] - Untuk memindahkan berkas file kedalam android dan menginstalnya.
  • adb uninstall [-k] - Untuk menghapus paket file dalam android ('-k' menyimpan data dan cache file pada direktory nya).
  • adb help - Untuk menampilkan bantuan dalam adb. 
  • adb version - Untuk menampilkan versi adb. 
  • adb root - Untuk merestart daemon adb dengan akses root.
  • adb shell - Untuk menjalankan shell interaktif.
  • adb shell - Untuk menjalankan shell command.

 3 perintah ADB yang harus anda ketahui

Catatan: untuk menjalankan perintah ini, android harus berada dalam mode fastboot.

  • fastboot devices - Untuk mendeteksi device berada dalam mode fastboot.
  • fastboot flash recovery twrp.img - Untuk flash sebuah recovery seperti twrp.img atau cwm.img (masukkan file .img dalam folder fastboot untuk flash recovery).
  • fastboot oem unlock - Untuk unlock bootloader pada perangkat Nexus.
Selamat, anda sudah berhasil instal adb dan fastboot di windows dan mac, Sekian saja tutorial mengenai cara instal adb dan fastboot. Semoga sobat berhasil mengikuti tutorial di atas, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
Izky Fajri
AUTHOR
October 10, 2016 at 3:05 PM delete

kak klw semisal pas udah ngetik adb device trus yg muncul malah kumpulan2 perintah adb itu gimana yah?? trus cara perbaikinnya gimana?? thanks

Reply
avatar
October 21, 2016 at 2:24 PM delete

gan ketika saya melakukan Command "Adb Devices" kok not found ya?

padahal di Devices Manager sudah ada Android interface nya?

Reply
avatar
October 21, 2016 at 2:45 PM delete

Bro, Kalo nama Device Phone saya ngak tampil yg tampil malah Android Interface atau Nexus blalablaa...
Apa itu Berhasil?

Reply
avatar
Firdaus Bone
AUTHOR
January 22, 2017 at 12:17 AM delete

Problem usa band xiaomi bagaimana mengatasi nya?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 25, 2017 at 11:27 AM delete

bro, kenapa ya status device saya unauthorized

Reply
avatar
Powered by Blogger.