Cara Root Asus Zenfone C zc451cg Dengan 2 Panduan Lengkap

Cara Root Asus Zenfone C zc451cg Dengan 2 Panduan Lengkap - Asus merupakan salah satu dari vendor smartphone yang cukup sukses dalam merilis smartphone . Hal ini terbukti sudah banyak pengguna gadget yang sudah terpinang hatinya untuk membeli smartphone android keluaran Asus pada produk-produk sebelumnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi vendor Asus kini sudah merilis kembali sebuah smartphone entry level terbaru, vendor asus memberikan sebutan pada smartphone terbarunya dengan nama Asus Zenfone C ZC451CG, di Indonesia Asus Zenfone C ini terkenal dengan sebutan Asus Zenfone 4S terbaru.

Kalau menilai dari desain Asus Zenfone CZ451CG admin langsung saja terpinang, desain Asus Zenfone CZC451CG sangat simple, siapa saja yang memegang smartphone ini akan kelihatan punya kelas dan nyaman ditangan dengan ukuran yang sempurna. Bukan cuma dari desainnya saja yang membuat admin terpikat dengan smartphone ini, dengan berbekal prosessor Intel Atom dual Core 1.2 GHz membuat aktifitas pribadi anda maupun urusan kantor anda bisa berjalan dengan lancar apalagi dengan dukungan RAM sebesar 1 GB membuat kinerja dari multitasking sedikit terbantu.

Cara Root Asus Zenfone C zc451cg Dengan 2 Panduan Lengkap

Namun terlepas dari spesifikasi hardware yang mumpuni, banyak pengguna – termasuk kami – yang menyayangkan user interface Asus Zen UI yang terdapat pada Asus Zenfone C ini. User interface khas Asus ini membuat proses sistem operasi Android terasa sangat lambat alias berat. Alhasil, mungkin banyak pengguna yang bertanya-tanya, “Apakah user interface yang menjengkelkan ini bisa diganti?” Jawabannya bisa. Sobat dapat menganti user interface tersebut dengan memperoleh akses root pada gedget ini.

Akses root sangat penting bahkan wajib untuk melakukan banyak hal pada perangkat seperti menghapus aplikasi bawaan smartphone dan – jika Anda cukup berpengalaman – mengganti keseluruhan sistem operasi android dengan custom ROM seperti MIUI atau CyanogenMod yang merupakan custom ROM teratas sekarang ini. Dengannya, Asus Zenfone C yang Anda miliki dapat beroperasi dengan lebih bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam artian, Anda menggunakan aplikasi apa saja yang ingin Anda pasang tanpa harus diganggu oleh aplikasi ‘sampah’ yang tidak berguna bagi perangkat anda.

Nah sebelum anda root pada perangkat ini, perlu dulu anda ketahui mengenai istilah root, pasti banyak dari kita yang belum fimiliar dengan istilah ini, bahkan ada yang melakukan root pada perangkatnya tanpa tau resiko yang di terima jika ponsel sudah root dann yang lebih aneh lagi ada juga yang belum tau apa itu root, termasuk admin dulu...

Apa itu root, manfaat dan kerugian root android


Nah untuk menghindar resiko dan perasaan penasaran kita mengenai teknik legal ini, admin akan menjelaskan sedikit mengenai root, manfaat root, dan resiko yang didapatkan setelah root. Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu root?

Root adalah sebuah sistem ditanamkan dalam OS yang mempunyai akses penuh (mutlak) untuk mengubah, menghapus, menambah pada sistem operasi android, bahkan bisa merusak semua yang ada di dalam sistem tersebut. Pasti timbul pertanyaan: Kok merusak, bukankah root ini dapat meningkatkan kemampuan ponsel?

Jawabannya: merusak disini bukan  berarti gagal semua sistem android. Root dapat merusak sistem resmi ponsel (sistem bawaan) karena hak akses sistem dapat dikendalikan oleh pengguna untuk dapat masuk ke dalam sistem Android sehingga bisa menambah, mengurangi dan juga dapat memodifikasi file dan data-data yang terdapat pada sistem Android. lain lagi bila ponsel belum root, file tersebut tidak bisa di akses dan dimodifikasi oleh pengguna.

Keuntungan root

  • Anda memiliki hak akses penuh ke dalam sistem operasi Android.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak berguna menurut anda.
  • Dapat melakulan instalasi custom ROM dan custom recovery untuk meningkatkan performa yang tidak dirilis resmi oleh vendor.
  • Dapat mengendalikan Overclock pada prosesor sehingga mampu meningkatkan kinerja ponsel menjadi lebih cepat.

Kerugian dan Resiko Root Android

1. Geransi ponsel hangus

Melakukan proses rooting pada smartphone android bisa mengakibatkan garansi yang diberikan vendor ponsel akan hangus. Jika anda membawa smartphone android yang sudah root ke konter hp, maka dipastikan geransi ponsel anda tidak diterima lagi walaupun masa berlaku garansi masih ada. Itu disebabkan karena pada saat melakukan root, tanpa anda sadari sudah merusak / melepas segel yang diberikan pada gedget.

2. Kekebalan ponsel terhadap Virus melemah

Banyak pengguna android yang melakukan root pada ponsel mengeluh karena ponsel nya tidak kabal terhadap virus. Di sebabkan karena firewall ponsel sudah terbuka akibat proses root. Tapi hal ini bisa dapat diatasi dengan menginstall aplikasi antivirus terbaik yang bisa anda dapatkan di Google Play Store.

3. Kemampuan gedget Menjadi Lemah

Kebanyakan ponsel android yang telah root, akan mengalami beberapa masalah, salah satunya berkurang nya performa ponsel karena kinerja ponsel akan dipaksa lebih dan melakukan sesuatu diluar batasan ponsel itu sendiri. Hal ini akan mengakibatkan umur ponsel menjadi pendek dan suhu ponsel akan parah sehingga timbul panas yang berlebihan . Solusi nya, anda bisa mempraktikkan cara mengoptimalkan kinerja ponsel tersebut.

4. Resiko Bila Gagal saat Root pada ponsel

Bila anda gagal saat proses root, maka dipastikan ponsel android anda akan mengulang proses dari awal, dan ini dapat memakan waktu lebih lama lagi. Dari segi lain, jika gagal dalam root maka kemungkinan yang paling fatal yaitu bisa menyebabkan ponsel anda bootloop atau mati total.

Cara memperoleh akses root

Asus Zenfone C merupakan perangkat yang sangat unik karena gedget ini memiliki beberapa versi berbeda tergantung negara Anda. Hal ini membuat proses rooting menjadi lebih mudah. Ada 2 panduan root untuk perangkat ini yaitu root menggunakan PC dan root tanpa PC. Nah mari kita mulai panduan pertama yaitu root menggunakan PC, Ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar.

Bahan-bahan root yang diperlukan

Bahan yang diperlukan pada panduan 1 menggunakan PC:
  • Sediakan PC atau Notebook.
  • Kabel USB.
  • Asus Zenfone C ZC451CG (wajib).
  • Download root Asus Zenfone C.
Bahan  yang diperlukan pada panduan 2 tanpa PC:

Cara root Asus Zenfone  C ZC451CG dengan PC

Langkah 1 Extrack file root Asus Zenfone C.

Langkah 2 Aktifkan USB Debugging di Asus Zenfone C. sobat tidak bisa mengaktifkan USB Debungging jika sobat belum mengaktifkan mode "Developer Options".
Ikuti cara ini untuk mengaktifkan Developer Options:
  • Masuk kedalam menu Settings (Setelan) > About (Tentang) Letak menu About (Tentang) biasanya di Menu Setting (Setelan) yang ada dipaling bawah.
  • Setalah sobat berada pada Menu About (Tentang), cari nama menu Build number (Nomor bentukan). Biasanya terdapat di menu Software information (Informasi software).
  • Klik 7X pada “Build number (Nomor bentukan)”. Pada beberapa tap pertama akan muncul popup/pesan “you are now 4 step away for being developer” (4 klik lagi jadi pengembang) jadi klik 4 kali lagi pada menu Build Number (Nomor bentukan) dan setelah selesai akan muncul popup/pesan pemberitahuan “you are now a developer” (sekarang anda pengembang) jaid deh :).
    Developer options Asus Zenfone C
    Developer Options Asus Zenfone C

Langkah 3 Nah setelah anda melakukan tahap diatas, sekarang sobat sudah bisa mengaktifkan USB Debugging dengan cara:Masuk kedalam menu Settings (Setelan) sobat akan melihat menu Developer options (Opsi pengembang) sudah muncul di gedget sobat. Jika sudah muncul masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang) dan sekarang aktifkan USB Debugging (Debugging USB) dengan cara klik diarea USB Debugging sepeti Sreenshot dibawah ini.
USB Debugging Asus Zenfone C
USB Debugging Asus Zenfone C
Gampang bukan. Sekarang Developer options dan USB Debugging sudah aktif dan bisa sobat akses kapanpun.


Langkah 4 Sambungkan ponsel anda ke PC via kabel USB.

Langkah 5 Instal ADB Driver, fungsi driver ini yaitu sebagai jembatan antara PC ke android, jika tidak ada adb driver ini maka PC tidak bisa membaca sambungan usb dari ponsel.

Langkah 6 Buka folder root asus zenfone C, klik 2x pada "CheckBeforeAction.bat" fungsinya yaitu untuk mengecheck sambungan ponsel ke PC.
CheckBeforeAction.bat asus zenfone c


Langkah 7 Nah sekarang anda akan melihat jendela command prompt dan ikuti intruksi yang ada pada layar (untuk menjalankan perintah yang disuruh tekan enter).

Langkah 8 Tunggu beberapa saat hingga ponsel anda reboot, ingat jangan cabut USB dari PC.

Langkah 9 Selanjutnya klik Root.bat, fungsinya untuk memindahkan sistem root kedalam ponsel anda.
Root.bat asus zenfone c


Langkah 10  Jika selesai maka reboot ponsel anda.

Done.

Cara root Asus Zenfone  C ZC451CG tanpa PC

Langkah 1 - Aktifkan Unknown Source di Ponsel, caranya masuk ke menu Settings > Security > Enable Unknown Source.

Langkah 2 - Instal aplikasi Asus Zenfone Root.apk di android dan jalankan.

Langkah 3 - Didalam aplikasi pilih instal SuperSU dari menu dropdown pertama.

Langkah 4 - Pilih exploit.

Langkah 5 - Tunggu sebentar untuk menanam sistem root pada ponsel.

Langkah 6 - Reboot ponsel anda.

Langkah 7 - Done. Sekarang bukaa menu ponsel anda, jika ada aplikasi SuperSu berarti proses root tanpa PC sukses anda lakukan.

Gimana ? mudah bukan, Selamat Kini Asus Zenfone C Anda Sudah te-root, Semoga sobat berhasil mengikuti tutorial di atas, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

    Previous
    Next Post »
    Powered by Blogger.