Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone 2 ZE550ML/ZE551ML

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone 2 ZE550ML/ZE551ML

Asus Zenfone 2 ZE550ML RAM 2 GB menjadi salah satu produk andalan Asus untuk menembus pasar-pasar Indonesia yang mayoritasnya masih dikuasai oleh produk kelas menengah kebawah. Smartphone terbaru dari Asus ini terlahir dengan fitur dan spesifikasi yang sangat menarik dan salah satunya yaitu pemakaian chipset Intel Atom yang biasanya dipasangkan dalam perangkat sekelas hybrid notebook maupun jenis notebook lainya.

Kekuatan Quad Core ini dapat menyajikan performa yang menakjubkan untuk berbagai aktivitas pengguna. Tak hanya dari segi processornya saja, RAM yang diberikan pada smartphone ini berkapasitas 2 GB yang dapat menjadi kekuatan menerjang berbagai proses demi proses pada multitasking. Apalagi produk asus ini dilengkapi dengan dual kamera berkualitas yang pastinya akan menghasilkan cepretan gambar terbaik bagi pengguna. Berbekal kamera utama 13 MP dengan dual-LED flash yang dilengkapi dengan pewarnaan dual tone akan semakin menghasilkan gambar dengan gradasi warna yang lebih terang.

Kekuatan utama smartphone ini juga terletak pada layarnya yang dihiasi dengan Corning Gorilla Glass 3 beresolusi Full HD sehingga berbagai jenis tampilannya  disajikan secara mendalam. Tak hanya itu saja kekuatan panel IPS juga menjadi kekuatan andalan untuk memperbanyak tone warna serta membuat nyaman pengguna jika melihatnya dari berbagai sisi. 

Tapi apa gunanya dengan fitur yang menawan ini bila smartphone tidak bisa dikembangkan lagi, bila sobat ingin membuat ponsel ini lebih berkualitas maka sobat harus unlock bootloader pada ponsel ini, dengan ter-unlock bootloader sobat bisa memodifikasi perangkat sesuka sobat, baik itu dari tampilan, sistem, aplikasi, dll.

Pada panduan ini Boom Android akan menjelaskan bagaiman men-unlock bootloader pada ASUS Zenfone 2 ZE551ML (Z00A) dan ASUS Zenfone 2 ZE550ML (Z008), sebelum kita mulai lebih baik sobat baca dulu istilah dari unlock bootloader.

apa itu unlock bootloader, manfaat dan kekurangan unlock bootloader

Apa itu unlock bootloader

Unlock Bootloader merupakan proses untuk membuka proteksi dalam operasi sistem android. Dengan melakukan unlock bootloader, bukan berarti Perangkat sobat sudah dalam posisi root. Jika ingin mendapatkan akses root kamu harus melakukan root terlebih dahulu untuk mendapatkah hak tersebut. 

Manfaat dari unlock bootloader

Dengan adanya unlock bootloader maka sobat akan bisa berkreasi memodifikasi sistem, kernel dan lainnya yang terdapat pada smartphone. Yang menarik nya lagi dari metode unlock bootloader sobat dapat melakukan Root, Flash room dan lain sebagainya sesuai keinginan yang sobat mau, intinya aksesibilitas sobat terhadap ponsel menjadi tanpa batas dan mutlak untuk mengoprek sistem pada perangkat.

Kelebihannya lagi sobat bisa merubah atau mengganti sistem yang dihubungkan antara software dan hardware yang biasanya disebut kernel dan sobat juga bisa mengati custom recovery dan costom rom.

Kerugian dari unlock bootloader

Jika bootloader sobat sudah terbuka, kemungkinan besar garansismartphone android sobat akan hilang, jadi pastikan kalau ingin Unlock Bootloader pada ponsel sobat, masa garansi ponsel sudah tiada. Dan yang menyakitkan lagi smartphone android sobat tidak bisa menerima update melalui PC companion atau OTA (over the air) dan beresiko mengalami Brick (mati total karena gagal saat instalasi os).

Nah pasti sobat penasaran ingin mencoba unlock bootloader pada ASUS Zenfone 2 ZE551ML (Z00A) dan ASUS Zenfone 2 ZE550ML (Z008)? Berikut langkah-langkah unlock bootloader. Simak dengan seksama.

Persiapan sebelum unlock bootloader

  • Versi firmware sudah terupdate ke versi 2.19.40.12 untuk ZE550ML (Z008) dan 2.19.40.18 untuk ZE551ML (Z00A). 
  • Asus Zenfone 2 sudah dalam kedaan root. 
  • Pastikan ADB dan fastboot sudah terinstal dan berfungsi dengan bagus. 
  • Download splashscreen.img untuk ZE550ML atau untuk ZE551ML. Jika sudah didownload, maka ubah namanya menjadi splashscreen.img lalu pindahkan ke folder adb yang sobat gunakan. 
  • Unlock bootloader tidak akan menghapus internal storage perangkat.

Tutorial unlock bootloader Asus Zenfone 2 ZE551ML (Z00A) dan ASUS Zenfone 2 ZE550ML (Z008)

Langkah 1 - Aktifkan USB Debugging di Asus Zenfone 2, sobat tidak bisa mengaktifkan USB Debungging jika sobat belum mengaktifkan mode "Developer Options".
Ikuti cara ini untuk mengaktifkan Developer Options:
  • Masuk kedalam menu Settings (Setelan) > About (Tentang) Letak menu About (Tentang) biasanya di Menu Setting (Setelan) yang ada dipaling bawah.
  • Setalah sobat berada pada Menu About (Tentang), cari nama menu Build number (Nomor bentukan). Biasanya terdapat di menu Software information (Informasi software).
  • Klik 7X pada “Build number (Nomor bentukan)”. Pada beberapa tap pertama akan muncul popup/pesan “you are now 4 step away for being developer” (4 klik lagi jadi pengembang) jadi klik 4 kali lagi pada menu Build Number (Nomor bentukan) dan setelah selesai akan muncul popup/pesan pemberitahuan “you are now a developer” (sekarang anda pengembang) jadi deh :).
Langkah 2 - Nah setelah anda melakukan tahap diatas, sekarang sobat sudah bisa mengaktifkan USB Debugging dengan cara:
  • Masuk kedalam menu Settings (Setelan) sobat akan melihat menu Developer options (Opsi pengembang) sudah muncul di gedget sobat. Jika sudah muncul masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang) dan sekarang aktifkan USB Debugging (Debugging USB) dengan cara klik diarea USB Debugging sepeti Sreenshot dibawah ini.
USB Debugging Asus Zenfone C
USB Debugging Asus Zenfone 2
Langkah 3 - Nah selanjutnya hubungkan device ke PC atau notebook via USB data.

Langkah 4 - Pindahkan file splashscreen.img ZE550ML atau ZE551ML kedalam folder adb.

Langkah 5 - Buka folder adb  yang terdapat  splashscreen.img, kemudian tahan tombol shift + klik kanan pada PC dan pilih Open Command Window Here.
open command window here on adb folder

Langkah 6 - Maka akan muncul CMD (Command window) dan ketikkan perintah:
  • adb shell (enter).
  • su (enter) pada langkah ini pastikan ADB sudah di izinkan/allow melalui aplikasi SuperSU yang ada di Asus Zenfone 2.
  • getprop ro.isn > /factory/asuskey (enter).
  • reboot bootloader (enter).

Langkah 7 - Smartphone sobat akan reboot ke mode bootloader, dan pada screennya akan muncul tulisan unlocked bootloader dan akan kembali merestart bootloader dalam waktu 5 detik.

Langkah 8 - Saat smartphone kembali te-restart, splashscreen sobat akan menjadi putih. Tunggu hingga masuk kadalam homescreen dan berarti sobat sudah berhasil booting awal.

Langkah 9 - Buka lagi CMD seperti pada langkah 5 dan ketikan perintah ini:
  • adb reboot bootloader (enter)
  • fastboot devices (enter)
  • fastboot flash splashscreen splashscreen.img (enter)

Langkah 10 - Senyum :)

Selesai, sekarang reboot ASUS Zenfone 2 sobat yang sudah ter-unlock bootloader, dan splashscreen akan kembali normal dengan berwarna hitam.

Gimana ? mudah bukan, Selamat Kini bootloader Asus Zenfone 2 Anda Sudah ter-unlock, Sekarang sobat bisa menganti Custom ROM sesuai selera sobat. Yang perlu di ingat yaitu sebelum melakukan sesuatu yang berkaitan dengan perubahan system kami sarankan untuk melakukan Backup Data/sistem terlebih dahulu. Untuk menghindari jika terjadinya Crash Atau Bootloop pada smartphone sobat.

Semoga sobat berhasil mengikuti tutorial di atas, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.