Cara Relock Bootloader Asus Zenfone 2 ZE551ML

Cara Mudah Relock Bootloader Asus Zenfone 2 ZE551ML - Asus Zenfone 2 ZE551ML yang merupakan keluaran terbaru dari vendor Asus dan termasuk juga sebagai produk terbaru pada seri Asus Zenfone Series. Walaupun biasanya banyak produk dari vendor lain yang menerbitkan belakangan dan kebanyakan dari serinya selalu naik untuk produk terbaru dengan spesifikasi yang tinggi. 

Namun beda halnya dengan vendor Asus yang membuat Asus Zenfone 2 ini yang malah seri terbarunya di bawah daripada seri Asus Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6 yaitu zenfone 2 (dibawah bukan).

Spesifikasi pada Asus Zenfone 2 ini juga tergolong  lebih tinggi dibandingkan dengan ke tiga seri Zenfone tersebut. Semua sistem operasi terbaru dan teknologi terbaru telah di masukkan ke dalam produknya ini. Apalagi ponsel dari vendor ini selalu membuat galau para pengguna Asus Zenfone, kenapa demikian? yang dahulunya pengguna berebutan untuk membeli Zenfone Series 4, 5, 6 dan pada akhirnya Asus mengeluarkan produk terbarunya lagi yang dilengkapi dengan spesifikasi yang lebih tinggi di bandingkan ke tiga diatas. 

Cara Relock Bootloader Asus Zenfone 2 ZE551ML


Dan juga Asus dikabarkan juga akan mengeluarkan seri terbaru lagi setelah Asus Zenfone 2 dengan nama produknya yaitu Asus Zenfone Zoom yang memiliki kelebihan di segi kameranya dengan hasil gambar yang lebih bagus dan berkualitas. 

Dengan spesifikasi yang mempuni ini, kebanyakan pengguna asus zenfone 2 mengoprek / memodifikasi ponsel ini, salah satunya yaitu me-unlock bootloader yang tujuannya untuk membuka sistem yang terkunci oleh vendor ponsel.

Namun bagi yang sudah unlock bootloader, jangan senang dulu sebab melakukan teknik ilegal ini dapat menghilangkan geransi ponsel anda, apalagi bagi anda yang belum semiliar dengan dunia android, jika ponsel anda bootloop pasti sobat bawa ke konter asus, Nah masalahnya sudah dimulai, jika kalian bawa ke konter asus pasti sobat ingin memperbaiki ponsel, ponsel sobat akan ditolak mentah-mentah jika sobat unlock bootloader, kenapa demikian. karena ini melanggar hak TOS dari Asus.

Jadi bagi yang ingin mengembalikan geransi ponsel, ada satu cara yaitu dengan relock bootloader (mengunci kembali bootloader) sudah similiarkah istilah ini di telingan sobat? Jika belum simak dulu sedikit penjelasan mengenai relock bootloader.

apa itu relock bootloader, manfaat dan kekurangan relock bootloader

Apa itu relock bootloader

Relock Bootloader merupakan proses untuk megunci kembali proteksi dalam operasi sistem android. Teknik ini merupakan kebalikan dari unlock bootloader yang tugasnya untuk membuka proteksi pada operasi sistem android dan sobat dapat memodifikasi ponsel sesuai selera sobat.

Manfaat dari relock bootloader

  • Geransi ponsel akan kembali.
  • Dapat menerima update OTA.
  • Hilangnya resiko bootloop, softbrick, dan hardbrick pada ponsel.
  • Ponsel seperti sediakala saat pertama sobat beli.

Kekurangan jika relock booloader

  • Tidak bisa memodifikasi smartphone.
  • Akses root tidak tersedia.
  • Tidak bisa menganti custom recovery dan custom rom.
  • Tidak bisa menginstal aplikasi yang meminta hak akses root.

Persiapan jika ingin relock bootloader pada asus zenfone 2

Tuturial relock bootloader asus zenfone 2 ZE551ML

Langkah 1 Download dan sediakan semua bahan diatas.

Langkah 2 Buka Asus Flashtool 1.14 di komputer.

Langkah 3 Reboot asus zenfone 2 dan masuk kedalam mode bootloader dengan cara: tahan tombol power + volume up.

Langkah 4 Langkah selanjutnya buka Asus Flashtool.

Langkah 5 Didalam aplikasi ini sobat buka file RAW yang sudah didownload.

Langkah 6 Pilih Wipe Data

Langkah 7 Nah sekarang baru sobat sambungkan ponsel ke PC via kabel USB.

Langkah 8 Akan muncul daftar device Asus Flash Tool pada asus zenfone 2.

Langkah 9 Klik "Start" untuk memindahkan file RAW dari PC ke sistem android.

Langkah 10 Tunggu hingga proses perpindahan file RAW selesai.

Langkah 11 Extract ADB Fastboot tool.

Langkah 12 Dan pindahkan file recovery.img, boot.img, dan droidboot.img ke folder ADB.
Adb Fastboot windows

Langkah 13 Pada folder ADB klik tombol shift + klik kanan pada PC dan pilih "Open Command Window Here".
open command window here on adb folder

Langkah 14  Maka akan muncul CMD (Command window) dan ketikkan perintah:
  • fastboot flash fastboot droidboot.img (enter)
  • fastboot flash recovery recovery.img (enter)
  • fastboot flash boot boot.img (enter)

Langkah 15 Masuk kedalam mode recovery dengan cara: matikan Asus Zenfone 2 kemudian tahan (Power + Volume up +) bila zenfone sobat bergetar, lepas tombol power.

Langkah 16 Sobat akan melihat tampilan android tergeletak (seperti robot yang dioperasi), kemudian tekan (Volume Up +Volume Down) untuk masuk ke mode recovery, pilih mode recovery.

Langkah 17 Dan dalam mode reovery anda akan melihat tampilan android yang teler (ada tanda seru), kemudian tahan (Power + Volume Up) dan lepat tombol power.

Langkah 18 Dalam mode recovery pilih "Apply update form ADB". 

Langkah 19 Pindahkan firmware Asus Zenfone 2 yang didownload ke dalam folder ADB.
ADB Fastboot windows

Langkah 20 Pada folder ADB klik tombol shift + klik kanan pada PC dan pilih "Open Command Window Here".
open command window here on adb folder

Langkah 21 Maka akan muncul CMD (Command window) dan ketikkan perintah:
  • adb sideload UL-Z00A-WW-2.20.40.97-user.zip (enter)

Langkah 22 Tunggu proses hingga selesai

Langkah 23 Bila sudah 100% restart asus zenfone 2.

Done.

Gimana ? mudah bukan, Selamat Kini bootloader Asus Zenfone 2 Anda Sudah te-relock kembali, Sekarang sobat bisa menklaim geransi ponsel. Yang perlu di ingat yaitu sebelum melakukan sesuatu yang berkaitan dengan perubahan system kami sarankan untuk melakukan Backup Data/sistem terlebih dahulu. Untuk menghindari jika terjadinya Crash Atau Bootloop pada smartphone sobat.

Semoga sobat berhasil mengikuti tutorial di atas, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.