Cara Install TWRP Recovery dan Root Sony Xperia M4 Aqua

Cara Install TWRP Recovery dan Root Sony Xperia M4 Aqua - Sony Xperia M4 Aqua menjadi salah satu ponsel premium yang kini sedang trend yang dipopulerkan oleh Sony Xperia. Sebelumnya, Sony memang terkenal dengan merilis beberapa ponsel anti air yang menjadi andalan dan terkenal di kalangan ponsel kelas atas. Smartphone seperti ini juga sangat digemari oleh pengguna smartphone yang memiliki uang lebih. Nah, Sony kini merilis ponsel premium lainnya yang dinamai Sony Xperia M4 Aqua.

Sony Xperia M4 Aqua memiliki keunikan sendiri sama seperti Xperia Z yang tahan terhadap debu dan air. Sehingga, Sony Xperia M4 Aqua yang dirilis pada Juni tahun 2015 lalu itu kini semakin digembar-gemborkan oleh Sony dengan berbagai spesifikasi bagus seperti kapasitas RAM yang besar, processor yang bagus, serta spesifikasi-spesifikasi lainnya yang lebih keren.

Install TWRP Recovery and Root Sony Xperia M4 Aqua


Hari ini ada kabar baik dari kami untuk sobat, khususnya bagi pengguna Sony Xperia M4 Aqua. Kabar gembira dan informasi yang akan kami sampaikan kepada sobat yaitu tentang cara root dan instal TWRP Recovery pada Sony Xperia M4 Aqua. 

Mungkin bagi sobat pengguna Sony Xperia M4 Aqua yang saat ini sedang panik atau sedang kesulitan saat mencari tutorial untuk root dan TWRP Recovery untuk Sony Xperia M4 Aqua, sobat bisa menyimak dan mengikuti panduan ini. Sebenarnya, cara root dan TWRP Recovery pada Sony Xperia M4 Aqua sangat mudah dan tidak sulit. Untuk melakukan tutorial ini memang masih sama dengan Xperia Z. 

Pengguna android pasti sudah tau dengan root dan TWRP recovery, namun sebagian pasti ada yang belum semiliar dengan istilah ini. Nah daripada penasaran tentang root dan twrp, kami akan menjelaskan sedikit mengenai keduanya, simak ulasan berikut ini.

 

Apa itu root dan twrp recovery

Pengertian Root

Root adalah administrator yang memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk menguasai sistem-sistem Android. Bila sobat melakukan Root, sobat dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi data-data dan file yang terdapat pada sistem Android yang bila dalam kondisi standar (belum te-root) file-file tersebut tidak bisa di akses. Bila dianalogikan sama seperti sistem operasi pada PC "Windows", fungsi root juga dapat memberikan hak administrator kepada pengguna. 

Pengertian TWRP Recovery

TWRP merupakan salah satu dari dua pemulihan custom recovery paling populer untuk Android yaitu TWRP recovery dan CWM recovery. Recovery ini diinstal ketika sobat ingin root ponsel atau tablet dan memungkinkan sobat dapat melakukan sejumlah modifikasi, menambah tweak pada sistem dan dapat melakukan flash ROM.

Daripada kelamaan, sebaiknya kami segera membahas tutorial root dan TWRP Recovery sony Xperia M4 Aqua kepada sobat. Bagi sobat yang ingin melakukan cara ini, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar dan teliti dan pastinya kami tidak menangguh resiko yang terjadi pada perangkat sobat saat sobat gagal mengeksekusi yang mengakibatkan error pada sistem atau hal yang lainnya (DWYOR). Mari ikuti panduan dibawah ini.

Sony Xperia M4 Aqua benchmark results


Cara instal TWRP recovery dan root  Sony Xperia M4 Aqua

Langkah 1 - Download TWRP recovery dan Super SU.

Langkah 2 - Simpan kedua file tersebut dalam komputer sobat.

Langkah 3 - Matikan ponsel sobat kemudian sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah 4 - Masuk kedalam mode bootloader Sony Xperia M4 dengan cara: tekan dan tahan tombol power + volume dow (-). saat ponsel bergetar lepas volume down (-) tanpa melepas tombol power. kemudian anda akan melihat bootloader.

How to enter bootloader mode Sony Xperia M4

Langkah 5 - Pada komputer sobat masuk kedalam folder di mana sobat menyimpan TWRP dan ubahlah namanya tersebut menjadi sesuatu yang lebih mudah untuk sobat ingat dan ganti saja menjadi "recovery.img".

Langkah 6 - Pada folder tempat sobat simpan kedua file ini, tekan tombol shift dan klik kanan pada folder tersebut dan pilihlah Open Command Prompt here.

Langkah 7 - Selanjutnya, ketikkan perintah di cmd "fastboot devices" (enter) - maka sobat akan melihat seri dari ponsel sobat tercantum dalam jendela cmd (jika tidak muncul, instal kembali USB driver dan ulangi langkah ini).

Langkah 8 - Kemudian flash custom recovery dengan cara ketikkan perintah "fastboot flash recovery recovery.img” (enter).

Langkah 9 - Tunggu sebanter sampai proses instal TWRP recovery selesai.

Langkah 10 - Selanjutnya sobat harus me-mount partisi secara manual dengan cara ketikkan perintah:
  • adb shell (enter).
  • mount -w /dev/block/platform/7824900.sdhci/by-name/system /system (enter).
  • mount -w /dev/block/platform/7824900.sdhci/by-name/userdata /data (enter).
  • mount -w /dev/block/platform/7824900.sdhci/by-name/cache /cache (enter).
Selamat sekarang sobat telah sukses instal TWRP recovery di  Sony Xperia M4, sobat bisa menginstal file .zip melalui twrp. Untuk root pada ponsel ini ketikkan perintah ini di CMD:
  • twrp sideload (enter).
  • adb sideload <path_to_zip> (enter).
  • adb sideload C:\Downloads\SuperSU.zip (enter). Pada perintah ini kami meletakkan Super SU di partisi C:\Downloads\SuperSU.zip jika sobat minyimpan file super su ditempat lain, maka tulis folder dimana sobat menyimpannya, contoh D:\Root\SuperSU.zip atau E:\Root\SuperSU.zip.
  • Done, sekarang ketikkan perintah "adb reboot" untuk reboot perangkat sobat. Smile :)
Somoga sobat menikmati panduan saya berikan ini seperti saya menikmati menulisnya, Sekian panduan lengkap mengenai instal TWRP Recovery dan root Sony Xperia M4, silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang sobat mengerti. 

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainnya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
August 24, 2016 at 5:42 AM delete

Lengkapi dengan gambar dong gan??

Reply
avatar
agus aulia
AUTHOR
August 25, 2016 at 9:31 AM delete

PM ane aja gan kalau agan belum jelas dengan tutorial diatas..

Reply
avatar
October 16, 2016 at 1:59 AM delete

Ini bisa bikin micro sd jdi memori internal ya gan ?? Bagi no hp dong buat share" gan

Reply
avatar
Powered by Blogger.