Panduan Lengkap mengatasi Bootloop dan Flash Asus Zenfone C zc451cg

Cara mengatasi bootloop Asus Zenfone C zc451cg - Pernahkah sobat mengalami kejadian pada saat menghidupkan kembali Asus Zenfone C zc451cg hanya berhenti di logo asus dengan animasi loading dan tak berhenti berputar. Pasti sobat panik dan timbul pertanyaan dipikiran sobat kenapa bisa begini, kok tidak bisa masuk ke tampilan menu Asus?

Jawaban yang sobat terima walaupun menyakitkan bahwa Asus Zenfone C sobat mengalami Bootloop :D Nah, pada panduan Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki bootloop asus pada Asus Zenfone C atau yang biasanya dipanggil dengan sebutan asus zenfone 4S saja. Jangan buru-buru dibawa ke service center asus jika mengalami bootloop selama masih bisa memperbaiki sendiri.

Sebelum melakukan flash untuk mengatasi bootloop yang anda alami sebaiknya sobat bere-eksperimen terlebih dahulu dengan mencoba step-step mudah mengatasi bootloop mulai dari reboot lewat droidboot, factory reset, dan step terakhir jika memang tidak bisa dengan melakukan flash stock rom. Karena banyak pengalaman yang saya temukan di grub fb tentang Asus Zenfone C yang bootloop, namun setelah di factory reset 3x dan reboot ke droidboot malah normal kembali asus zenfone c, aneh bukan :D. 

cara mengatasi Bootloop dan Flash Asus Zenfone C zc451cg


Pengguna android pasti sudah tau dengan kata-kata ini, namun sebagian pasti ada yang belum semiliar dengan istilah ini. Bootloop merupakan penyakit yang sering dialami oleh hampir sebagian besar pengguna gadget dengan sistem operasi android baik itu perangkat smartphone maupun tablet. Nah daripada penasaran tentang Bootloop kami akan menjelaskan sedikit mengenai bootloop, jenis-jenis bootloop pada android dan penyebab bootloop, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Bootloop?

Bootloop adalah adanya gangguan pada sistem operasi android dimana tidak bisa melakukan startup seperti normalnya sehingga saat anda menghidupkan kembali ponsel hanya berhenti pada logo asus dengan animasi loading dan tak berhenti berputar. 
Apa itu bootloop, jenis-jenis dan penyebab Bootloop
Hal ini terjadi terus menerus pada saat menghidupkan kembali ponsel sobat yang mengakibatkan android sobat tidak bisa digunakan. Jangan panik, saya menyarankan untuk tetap tenang dan sabar. banyak kasus cara untuk mengatasi bootloop salah satunya di panduan ini. penting untuk sobat mengetahui penyebab bootloop pada android agar dapat mengatasinya dengan benar.

3 jenis Bootloop yang perlu sobat ketahui

Jenis pertama tergolong ringan - Pada saat ponsel dinyalakan, ponsel dapat masuk ke Menu utama android namun hang dan langsung restart sendiri.

Jenis kedua tergolong biasa - Pada saat ponsel dinyalakan, ponsel hanya mampu dan tertahan pada Logo Boot animations gedget, namun masih bisa masuk kedalam mode recovery/CWM.

Jenis ketiga tergolong parah - Ketika ponsel dinyalakan ponsel berhenti sampai di Logo Boot animations gedget, namun tidak dapat masuk kedalam mode recovery/CWM.

4 penyebab yang mengakibatkan bootloop

Penyebab pertama - Memodifikasi sistem.

Apakah sebelum bootloop sobat melakukan modifikasi pada sistem ponsel? Contoh sederhananya dengan mengganti font pada ponsel sobat ? Jika benar, maka itu merupakan salah satu hal yang mengakibatkan android sobat menjadi bootloop.

Perlu sobat ketahui, ketika sobat membeli smartphone android, sobat hanya menjadi user biasa bukan menjadi super user yang memiliki hak penuh pada sistem biasanya kalau dalam windows disebut administrator. Jika ponsel sobat sudah memiliki hak akses root maka sobat bisa menambah, memodifikasi dan mengurangi sistem android yang dapat menyebabkan ketidakstabilan pada sistem. Pada saat sistem tidak stabil maka ini merupakan salah satu penyebab ponsel sobat bootloop.

Penyebab kedua - Mengubah Isi Build.prop.

Apakah sobat mengikuti tutorial yang menyarankan untuk mengedit isi build.prop pada sistem ponsel? Jika benar, mungkin saja ini yang menjadi penyebab ponsel bootloop. Ada baiknya sebelum mengedit sistem android terlebih dulu sobat melakukan back-up, supaya bila terjadi kerusakan sistem maka dengan mudah sobat merestorenya kembali dari recovery.

Penyebab ketiga - Gagal flashing.

Jika sobat gagal flashing firmware untuk instal ulang atau mengupgrade firmware pada ponsel sobat, maka ini juga merupakan salah satu penyebab ponsel menjadi bootloop. Cara mengatasinya yaitu dengan cara flash ulang dengan stock rom dari ponsel sobat.

Penyebab keempat - Melakukan Overclock ponsel Android.

Dari sedemikian banyak pengguna android pasti sudah melakukan kegiatan overclocking pada hp androidnya untuk mendapatkan performa yang lebih bagus, akan tetapi hal ini dapat menyebabkan sistem android menjadi tidak stabil dan cepat panas.

Jika sobat ingin melakukan overclock pada ponsel maka jangan terlalu tinggi dari standartnya, contoh jika prosesor 1 Ghz maka boleh saja ditambah menjadi 1,2 ghz akan tetapi lebih baik tidak, untuk mengindari bootloop pada hp android.

Oke langsung kepada inti dari panduan ini. Untuk memperbaiki bootloop pasa asus zenfone C ini sobat hanya perlu melakukan flashing pada ponsel sobat atau bahasa mudahnya adalah melakukan install ulang pada android. Beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk melakukan flashing/instal ulang pada di Asus Zenfone C.

Bahan-bahan yang harus sobat download

Download semu bahan dibawah ini untuk flashing pada perangkat sobat:

Petunjuk sebelum flashing Asus Zenfone C zc451cg

  • Instal Intel Usb Driver di PC.
  • Extrack ADB Fastboot.
  • Selanjutnya extrack juga firmware asus zenfone c.
  • Jika sudah melakukan 3 step diatas, sekarang lakukan: Copy semua file ADB Fastboot dan pindahkan kedalam firmware asus zenfone c. Dalam ADB fastboot dan firmware terdapat boot.img jika saat memindahkan adb fastboot meminta replace klik ok  sebab boot.img firmware akan diganti dengan boot.img adb fastboot. 
Sampai sejauh ini bisa sobat pahami bukan, jika belum silahkan berkomentar dan mari kita mulai cara mengatasi bootloop asus zenfone c.

Tutorial flash Asus Zenfone C zc451cg


Langkah 1 - Matikan ponsel sobat

Langkah 2 - Masuk kedalam mode fastboot dengan cara: tekan dan tahan tombol power dan volume up (+).

Langkah 3 - Sambungkan ponsel sobat ke PC atau notebook via kabel USB dan pastikan sobat sudah menginstal intel USB Driver.

Langkah 4 - Buka folder firmware yang sudah diextract, kemudian tahan tombol shift + klik kanan pada PC dan pilih Open Command Window Here.

Langkah 5 - Maka akan muncul CMD (Command window) dan ketikkan perintah:
  • "fastboot erase cache" dan enter (untuk menghapus cache yang terdapat pada ponsel).
  • "fastboot erase userdata" dan enter (untuk menghapus data-data ponsel).
  • "fastboot erase system" dan enter (untuk menghapus sistem ponsel).

Langkah 6 - Setalah anda eksekusi langkah 5 ponsel anda akan bersih dan sekarang sobat masukkan firmware terbaru ke ponsel dengan cara ketikkan perintah dibawah ini pada jendela CMD:
  • "fastboot reboot-bootloader" dan enter (untuk reboot ponsel kedalam mode bootloader).
  • "fastboot flash recovery recovery.img" dan enter (untuk flash recovery baru kedalam sistem).
  • "fastboot flash boot boot.img" dan enter (untuk flash boot baru kedalam sistem).
  • "fastboot Reboot-bootloader" dan enter (reboot bootloader sekali lagi untuk me-update sistem yang baru diperbarui).
  • "fastboot reboot" dan enter (untuk mereboot ponsel).

Langkah 7 - Setelah sobat berhasil eksekusi ke-6 langkah diatas, berarti sobat berhasil flash asus zenfone c sobat. Senyum :).
Somoga sobat menikmati panduan saya berikan ini seperti saya menikmati menulisnya, Sekian panduan lengkap mengenai bootloop dan cara mengatasi bootloop asus zenfone C 100% work sobat, silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang sobat mengerti. 

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini.

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainnya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

Previous
Next Post »

29 komentar

Write komentar
guntur_snake
AUTHOR
August 16, 2016 at 10:53 PM delete

saya juga sudah melakukan sesuai instruksi di atas, dan asusnya stuck di logo ASUS. mohon solusinya.. trims

Reply
avatar
yovie fesya
AUTHOR
September 15, 2016 at 4:25 AM delete

hh saya tidak bisa konek sama komputer, mohon solusinya

Reply
avatar
agus aulia
AUTHOR
September 15, 2016 at 7:21 PM delete

coba agan instal driver nya dulu

Reply
avatar
agus aulia
AUTHOR
September 15, 2016 at 7:22 PM delete

berarti hape agan sudah bootloop, coba agan wipe data dan cache nya dulu

Reply
avatar
Reski Lapasi
AUTHOR
September 24, 2016 at 4:20 AM delete

gan kok sya di perintah "fastboot flash boot boot.img" Failed flash ya?

Reply
avatar
agus aulia
AUTHOR
September 24, 2016 at 7:34 PM delete

coba agan liat nama file nya dulu, harus sama sama nama yang anda ketik di CMD..

Reply
avatar
September 28, 2016 at 6:36 AM delete

gan saya pas di "fastboot flash recovery recovery.img" sama "fastboot flash boot boot.img" failed itu gimana ya solusinya ? mohon pencerahannya gan :)

Reply
avatar
agus aulia
AUTHOR
September 29, 2016 at 7:46 AM delete

biasanya tu kesalahan terletak pada nama file .img, jadi coba check nama file nya apa kah sama seperti yang anda tulis d cmd

dan satu lagi bisa jadi driver nelum trinstal d pc

Reply
avatar
Didi
AUTHOR
October 6, 2016 at 1:39 PM delete

Kalo flash tanpa pc bisa ndak gan?

Reply
avatar
Dani Ramadian
AUTHOR
October 8, 2016 at 8:15 AM delete

hp saya tidak mau masuk ke dalam fast boot gan

Reply
avatar
erzal fachri
AUTHOR
October 22, 2016 at 1:51 PM delete

This comment has been removed by the author.

Reply
avatar
erzal fachri
AUTHOR
October 22, 2016 at 1:52 PM delete

Gan ane udah sukses semua tapi kenapa pas selesai step terakhir, stuck di logo asus yang powered by android, mohon pencerahannya gan

Reply
avatar
October 31, 2016 at 11:00 AM delete

adb fasboot gabisa di buka juragan :)

Reply
avatar
October 31, 2016 at 1:16 PM delete

om link adb fastboot tool gk bs dibuka..

Reply
avatar
Putra Saputra
AUTHOR
November 21, 2016 at 6:23 AM delete

Kok cara nya beda ya sama asus zenfone 4 ane yg dulu, kalo dulu ane gk pake pc bisa tapi kenapa asus zenfone c harus pake pc

Reply
avatar
Imi Khuzaimi
AUTHOR
November 30, 2016 at 3:06 PM delete

Langkah 5 dan 6 sukses dilakukan, tapi utk langkah terakhir di langkah 6 saat ketik astboot reboot, hp restart dan yg tampil di hp masih logo usb. Mohon pencerahannya.

Reply
avatar
I LIKE
AUTHOR
December 6, 2016 at 11:11 PM delete

ada yang pernah nglami tidak assu boot loop lagi setelah di flash satu bulan..cra atasi nya gimana ya..please ada yang tau..

Reply
avatar
Bayu Nugraha
AUTHOR
December 8, 2016 at 12:59 AM delete

Lin File ADB Fastboot Toolnya gak ada filenya gan

Reply
avatar
Kevin Ferdian
AUTHOR
December 9, 2016 at 12:56 AM delete

Om gimana cara flash hp asus zentfone C ane gimana gan tolong kasih tau cara nya....

Reply
avatar
Nico SW
AUTHOR
December 15, 2016 at 3:02 AM delete

udah di instal drivernya tapi tetep nggak bisa konek sama komputer , mohon solusinya.
folder instalnya itu harusnya di taruh dimana ?

Reply
avatar
Agis fahmi
AUTHOR
December 19, 2016 at 4:37 AM delete

Gan kenapa file ADB Fastboot Tool nya ngga bisa di download?

Reply
avatar
December 21, 2016 at 2:03 AM delete

Punya saya og masih tetap dilogo asus zenfone 4

Reply
avatar
Eco Shape
AUTHOR
December 22, 2016 at 12:06 PM delete

gunakan FLASHTOOL akan menjawab semuanya..dengan firmware di atas..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 23, 2016 at 1:30 AM delete

Kan hh gua dalam kondisi botloop gimana cara install drivernya?

Reply
avatar
shasa sasmita
AUTHOR
January 4, 2017 at 11:41 PM delete

Sdh coba pake ADB, Intel Flashtool, dan Asus Flashtool, tapi error kasusnya pada recovery.img
Padahal saya coba hp lain work

Mohon bantuan ^_^ #Softwarenewbie

Reply
avatar
January 25, 2017 at 7:03 AM delete

Gan kok gak bisa masuk ke CMD ketika saya pencet tombol + dan power bersamaan .

Reply
avatar
February 19, 2017 at 8:28 AM delete

gan semua langkah diatas sudah benar, dan sukse, tetapi kenapa masih gak bisa nyala, cuman stuck di tulisan Asus dan tulisan intel nya gak muncul ?? mohon pencerahan nya gan

Reply
avatar
Irma Susanti
AUTHOR
March 5, 2017 at 12:44 AM delete

gan,,saya sudah coba semua...tp stay pada logo asus doank nih
gmna ya ?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
July 13, 2017 at 1:04 AM delete

link downloadnya eror semua gan.
Perbaikin donk

Reply
avatar
Powered by Blogger.